Tuesday, January 20, 2015

RPP Kurikulum Madrasah 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

   Sekolah Madrasah    :MTs
    Mata Pelajaran         _________________
    Kelas/Semester        :
    Materi Pokok           :Diambilakn Dari bunyi  kd K1( Menghilangkan Kata Kerja     Depan)
Alokasi Waktu            :IP(X-__PERTEMUAN)


   
 

  A.         KOMPETENSI INTI
(Diambilkan dari PMA 165/2014, atau PERMENDIKBUD 58/2014 dari Mapel Apapun Selama Pada Kelas Yang Sama )
1.        Kompetensi Inti (KI 1):
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.        Kompetensi Inti (KI 2):
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.        Kompetensi Inti (KI 3):
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.        Kompetensi Inti (KI 4):
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuai dengan yang dipelajari di skolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
(DIAWALI DARI KD KI 3 SEBAGAI SENTRAL, KD DARI KI YG LAIN DICARI YANG SEBUNYI/SEMAKNA DENGAN KD KI-3)
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1...(DIISI KD DARI KI-1 YANG SEBUNYI/SEMAKNA DENGAN KD DARI KI-3)
KD DARI KI-1 DAN KI-2 TDK HARUS DIBUATKAN INDIKATOR KARENA PENCAPAIANNYA MELALUI Proses Pembelajaran Tdk Langsung, KI-1  KI-2 HARUS DITANAMKAN, DICONTOHKAN, DIKEMBANGKAN, DAN DIBIASAKAN PADA PESERTA DIDIK
2...(DIISI KD DARI KI-2 YANG SEBUNYI/SEMAKNA DENGAN KD DARI KI-3)
3...(DIISI KD DARI KI-3 SEBAGAI SENTRAL YANG SEBUNYI/SEMAKNA DENGAN KD DARI KI-3)
4...( DIISI KD DARI KI-4 SEBAGAI SENTRAL YANG SEBUNYI/SEMAKNA DENGAN KD DARI KI-3)
C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
KALIMAT TUJUAN PEMBELAJARAN MENCERMINKAN PROSES DAN HASIL YANG TERDIRI DARI UNSUR A, B, C, D. ATAU SEKURANG-KURANGNYA UNSUR  A+B
A            AUDIENCE/PESERTA DIDIK
B             BAHAVIOUR/ KEMAMPUAN SIKAP, PENGETAHUAN,  KETRAMPILAN
C            CONDITION/ SITUASI, KONDISI, KEADAAN (DIISI PENERAPAN METODE, MEDIA, ATAU MODEL YG DIPAKAI)
D            DEGREE/ TINGKATAN, PERBANDINGAN (DIISI KATA TEPAT, BENAR, BAIK, DITAMBAH KARAKTER)
JUMLAH KALIMAT TUJUAN DENGAN INDIKATOR, MINIMAL SAMA MAKSIMAL BANYAK DI TUJUAN KARENA TUJUAN MENCAKUP DOMAIN SIKAP, KOGNITIF, DAN PSIKOMOTORIK. LANDASAN HUKUMNYA PERMENDIKBUD 65/2013 HALAMAN 6, DAN PERMENDIKBUD 81A HALAMAN 40.
Contoh Rumusan Tujuan Pembelajaran:
1.        Setelah mengikuti pembimbingan melalui pemberian uswah (C), peserta didik(A)  dapat (SETELAH KATA DAPAT,  LANJUTKAN KALIMAT KD DARI KI-1) (B) dengan benar dan khidmad (D)
2.        Setelah mengikuti pembimbingan melalui pengamatan dan pemberian contoh(C), peserta didik (A) dapat (SETELAH KATA DAPAT, LANJUTKAN KALIMAT KD KI-2) (B) dengan baik dan konsisten (D)
3.        Setelah mengikuti pembelajaran melalui ceramah dan tanyajawab (C), peserta didik (A) dapat (SETELAH KATA DAPAT, LANJUTKAN KALIMAT INDIKATOR) (B) dengan benar dan lengkap (D).
4.        Setelah mengikuti pembelajaran melalui diskusi kelompok (C) peserta didik (A) dapat (SETELAH KATA DAPAT, LANJUTKAN KALIMAT INDIKATOR) (B) dengan percaya diri, dan benar (D)
5.        Setelah mengikuti pembelajaran melalui ceramah dan tanyajawab (C), peserta didik(A) dapat (SETELAH KATA DAPAT, LANJUTKAN KALIMAT INDIKATOR) (B) dengan jujur dan benar (D)
6.        Setelah mengikuti pembelajaran melalui ceramah dan tanyajawab (C), peserta didik(A) dapat menerangkan ciri-ciri orang berakidah Islam (B) dengan berani dan benar (D).
7.        Setelah mengikuti pembelajaran melalui modelling(C) peserta didik(A) dapat menjelaskan cara meningkatkan akidah Islam (B) dengan benar dan meyakinkan (D).
8.        Setelah mengikuti pembelajaran melalui inkuiri (menggali, menemukan, merumuskan) dan resitasi (penugasan)(C), peserta didik (A) dapat mendiskripsikan manfaat mempelajari akidah Islam (B) dengan benar dan meyakinkan (D)
9.        Setelah mengikuti pembelajaran melalui Drill(C), peserta didik (A) dapat melafalkan dalil  akidah Islam (B) dengan fasih  dan meyakinkan (D)
10.     Setelah mengikuti pembelajaran melalui Drill(C), peserta didik (A) dapat menulis dalil  akidah Islam (B) dengan benar dan runtut (D)
11.     Setelah mengikuti pembelajaran melalui inkuiri (menggali, menemukan, merumuskan) dan resitasi (penugasan)(C), peserta didik (A) dapat mempresentasikan fenomena kebenaran akidah Islam (B) dengan lancar, dan memuaskan (D)
D.    MATERI PEMBELAJARAN
(Luas sempitnya materi pembelajaran disesuaikan dengan SCOP-SKUEN MATERI ESENSI yang ada pada indikator, sekurang-kurangnya memenuhi kebutuhan pencapaian indicator, ATAU MENAMPILKAN MATERI KONSEP, FAKTA, PRINSIP, PROSEDUR)
1.        Pengertian Shalat              (.......................didiskripsikan)
2.        Syarat rukun shalat           (.......................didiskripsikan)
3.        Hal-hal yang membatalkan shalat      (......................didiskripsikan)
4.        Dalil perintah shalat          (....................didiskripsikan)
5.        Tata cara shalat di berbagai tempat    (……...........didiskripsikan)
E.    METODE PEMBELAJARAN
(Perumusan metoda..diambil dari unsur C pada kalimat tujuan)
Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran
F.     MEDIA, ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
1.        Media Pembelajaran (CENDERUNG ALAT/BAHAN YANG DIGUNAKAN GURU DLM PROSES PEMBELAJARAN):...
2.        Alat/Bahan (CENDERUNG ALAT/BAHAN YANG DIGUNAKAN SISWA KEGIATAN BELAJAR):
3.        Sumber Belajar (OBYEK, RUJUKAN):....
G.        LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
a.        Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 10 menit)
·         Guru mengucapkan salam dan meminta salah satu peserta didik memimpin doa pembuka
·         Guru mengabsensi peserta didik sambil menanyakan kabar beritannya
·         Guru mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan singkat
·         Guru mempersiapkan fisik dan psikis peserta didik melalui senam otak ataupun diajak bernyanyi yang riang
·         Guru menjelaskan tujuan mempelajari materi dan kompetensi yang akan dicapai
·         Guru menjelaskan langkah yang akan dilaksanakan selama proses pembelajaran
·         Guru membentuk kelompok diskusi secara hiterogen dan seimbang
b.        Kegiatan Inti (50 menit) (kata-kata saintifik bisa dilihat pada file powerpoint kode 2.1.2)
·       MENGAMATI ( DIISI KEGIATAN membaca, mendengar, melihat, menyimak, mengamati, SESUAI TUJUAN/KONDISI)
o    ...............
o    ...............
·       MENANYA (DIISI tanya jawab, memberi umpan balik, menanggapi apa yang dilakukan pada mengamati, SESUAI TUJUAN)
o    ...................
o    ...................
·       MENGEKSPLORASI / EKSPERIMEN (BISA KEGIATAN DISKUSI, MENGGALI APA YANG TELAH DIAMATI, dsb)
o    ......................
o    ......................
·       MENGASOSIASI (DIISI MERUMUSKAN APA YANG DISIKUSIKAN/DITEMUKAN SAAT DISKUSI, MENALAR, MENGKAITKAN DENGAN PENGETAHUAN LAIN, MENYUSUN BAGAN, dsb)
o    ...................
o    ....................
·       MENGKOMUNIKASIKAN (BIASANYA DIISI KEGIATAN YANG MENGRAH KEPADA PENCAPAIAN KD DARI KI-4)
o   ......................
o   .....................
c.        Penutup ( 10 menit):
o   Guru mengadakan refleksi atas proses dan hasil pembelajaran yang sudah dilaksanakan
o   Guru mengajak peserta didik untuk menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah dikuti secara langsung
o   Guru mengadakan tes secara langsung dengan soal yang sudah disiapkan baik secara tertulis ataupun lisan
o   Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
o   Guru memberikan pesan-pesan moral terkait dengan penanaman sikap KI 1 dan KI 2
o   Guru mengajak berdoa dengan Doa Akhir Majlis (Kafarotul Majlis) dilanjutkan dengan salam dan berjabat tangan dengan seluruh peserta didik
H.    PENILAIAN PEMBELAJARAN
(DIISI TES MULAI KD KI-1 SAMPAI KI-4 DISESUAIKAN TUNTUTAN BUNYI KD, LENGKAPI MASING-MASING INSTRUMEN DENGAN PENSKORANNYA, UNTUK TES TULIS/LISAN DITAMPILKAN KUNCI JAWABANNYA)
1). Instrumen .......sikap spiritual.............................................. (diisi rubrik dan penskorannya)
Skor Perolehan
                NILAI = ------------------------- x 4 =
                                                Skor Maksimal
2).  Instrumen sikap ...... (diisi aspek KI-2/sikap sosial):...............................  (diisi rubrik dan penskorannya)
3). Tes tulis bentuk.....??? Buatkan soalnya...kunci jawabannya .... penskorannya
4). Instrumen
Skor Perolehan
                NILAI = ------------------------- x 100  =
                                                Skor Maksimal
3.        Lembar Penilaian Diri Sikap Spiritual
NO
PERNYATAAN SIKAP
YA
RG
TD
1
Saya bersyukur karena memiliki akidah Islam
2
Saya selalu menjaga kokohnya akidah Islam
3
Saya selalu memikirkan alam raya ciptaan Allah
4
Saya yakin berakidah Islam dapat kebahagiaan
5
Saya selalu berdzikir agar dapat ingat Allah
Jawaban    YA            = Skor 3,
RAGU = Skor 2,
TIDAK= Skor:1.
Skor Perolehan
          NILAI = ------------------------- x 100 % =
                                          Skor Maksimal
4.        Lembar Penilaian Antar Peserta Didik (Sikap Disiplin)
NO
PERNYATAAN SIKAP
YA
RG
TD
1
Selalu masuk dan keluar kelas tepat waktu
2
Selalu mengenakan pakaian sesuai tata tertib
3
Selalu mengerjakan tugas sesuai ketentuan
4
Selalu menghormati dan menghargai teman
5
Selalu mengikuti doa dan sholat jamaah
Jawaban  YA=Skor 3, RAGU=Skor 2, TIDAK=Skor:1.
Skor Perolehan
          NILAI = ------------------------- x 100 % =
                                          Skor Maksimal
5.        Lembar Observasi Sikap Pembelajaran
No
Nama Peserta didik
Aspek Yang Di Observasi
Catatan
Disiplin
Jujur
Religius
Sahabat
Catatan:
·         Pada setiap proses pembelajaran dilakukan observasi terhadap beberapa aspek menonjol yang mewakili karakter peserta didik , (aspek yang diobservasi dapat disesuaikan dengan KD).
·         Model pengisian lembar observasi sudah mengggambarkan kualitas aspek yang menonjol pada setiap peserta didik . Pada lembaar observasi dibiberikan nilai sebagai berikut: A=Sangat Bagus, B=Bagus, C=Cukup, D=Kurang.
6.        Panduan Penilaian Proyek
No
Nama Peserta didik
Aspek Penilain
Catatan
Kompak
Tepat
Isi
Asli
Pengisian lembar penilaian proyek sudah mengggambarkan kualitas aspek yang menonjol pada setiap peserta didik. Pada lembar penilaian proyek dibiberikan nilai sebagai berikut: A=Sangat Bagus, B=Bagus, C=Cukup, D=Kurang
7.        Dokumentasi Penilaian Portofolio
No
Nama peserta didik
Nilai
Dok-1
Nilai Dok-2
Nilai Dok-3
Nilai
Dok-4
Nilai
Rata-2
Catatan
Catatan:
Pengisian lembaran ini berdasarkan bukti-bukti dokumen hasil pekerjaan peserta didik  yang sudah dilakukan penilaian sesuai prosedur pinilaian dan telah dilakukan refleksi oleh masing-masing peserta didik  yang memiliki dokumen dan telah diberikan catatan oleh guru.
Mengetahui,                                                                                        Kuto Endi, ................2014
Kepala MTs.                                                                                     Guru Mapel Akidah Akhlak
............................                                                                                      ….................................

No comments:

Post a Comment